Tuesday, June 23, 2020

Bukan Cuma Cinta, Kontraksi Dapat Palsu, Ketahui Lain dengan yang Asli

Di saat tengah hamil, ada satu situasi saat wanita merasai kontraksi di perutnya. Tetapi rupanya saat telah siap-siap untuk persalinan, rupanya si janin belum siap lahir.

Situasi yang dirasakan oleh wanita itu dapat disebutkan untuk kontraksi palsu. Dokter ahli kebidanan serta muatan RS Pondok Indah – Puri Indah, Eric Kasmara menjelaskan dengan cara pengertian, kontraksi palsu yaitu kontraksi rahim yang belum teratur serta tidak menyebabkan kelahiran. Sesaat kontraksi sejati umumnya berlangsung mendekati persalinan.


"Kontraksi palsu seringkali berlangsung jika ibu kelelahan, dehidrasi dapat juga membuat kontraksi sebab umumnya rahim semakin peka jika berlangsung dehidrasi," terangnya dalam webinar waktu lalu.

Kontraksi palsu umumnya ada pada umur kehamilan di atas 20 minggu sampai mendekati persalinan. Tidak sama dengan kontraksi sejati yang muncul waktu umur kehamilan 32-40 minggu.

"Pada beberapa masalah kontraksi (sejati) dapat muncul bertambah cepat hingga terjadi persalinan preterm (sebelum cukup bulan atau di atas 37 minggu)," tutur Eric.

Selanjutnya dari bagian frekwensi serta intensif, kontraksi palsu ada tidak teratur, berlangsung 1-2 kali satu hari atau bisa lebih, tidak berubah seringkali serta situasi ini akan hilang waktu ibu istirahat. Sesaat kontraksi asli ada teratur dengan jeda, seringkali berlangsung awalannya tiap 10 menit sekali, selanjutnya makin intensif.

Kontraksi ini tidak hilang bila ibu berjalan atau mengganti tempat. Dari bagian waktu, kontraksi palsu berlangsung seputar 20 detik sampai kadang 2 menit atau bisa lebih. Tidak sama dengan kontraksi asli yang umumnya berlangsung 30-60 detik atau 70 detik bila telah mendekati persalinan.

Menurut Eric mereka yang alami kontraksi palsu perutnya berasa mulas tanpa ada ngilu, diawali pada sisi pucuk rahim selanjutnya turun ke sisi bawah.

"Pikirkan ibu angkat barbel, otot bisepnya jika digenggam keras. Nah semacam itu tetapi ada di perut serta sering perutnya jadi mengeras. Seseorang dapat menggenggamnya ," papar Eric.

Sesaat pada kontraksi asli, perut berasa mulas dengan rasa ngilu dibagian pinggang sampai ke perut sisi bawah. Juga bisa dibarengi keluarnya lendir kental bersatu darah dari vagina atau disebutkan bloody-show.

"Lendir ini sumbatnya serviks, jadi serviks itu disumbat oleh lendir maksudnya menahan kuman masuk ke rahim, sebab di vagina itu ada kuman. Waktu kontraksi sejati dapat berlangsung pembukaan, lendir lepas seperti lem sagu, cukup lengket, terkadang kapiler di serviks pecah hingga munculah darah, darah bersatu lendir," jelas Eric.

No comments:

Post a Comment