Wednesday, October 21, 2020

Hal yang harus dipersiapkan sebelum mengadakan walk-in interview pada saat pandemi

Hampir semua perusahaan memiliki divisi Talent acquisition atau HRD untuk merekrut calon karyawan barunya. Adanya pergantian karyawan merupakan hal yang sangat biasa mengingat setiap orang memiliki kondisi yang berbeda dan tujuan masing masing dalam menjalani hidupnya. Maka dari itu tugas seorang HRD selain merekrut karyawan yang cocok dan potensial, juga membuat kebijakan agar karyawan tersebut menetap di perusahaan tersebut.


Pada saat pandemi covid-19 melanda,  banyak sekali perusahaan dengan skala besar dan kecil terkena dampak tersebut sehingga memaksa perusahaan merubah berbagai macam strategi seperti strategi rekrutmen karyawan, marketing, meeting dan lain sebagainya. Banyak sekali perusahaan yang mengadakan online interview untuk proses rekrutmen karyawan barunya, akan tetapi ada pula yang tetap mengadakan walk-in interview demi terpenuhinya standar yang mereka miliki dalam proses rekrutmen. Lalu kira kira apa saja sih yang harus dipersiapkan sebuah perusahaan untuk mengadakan walk-in interview yang aman? Ini dia beberapa tipnya

1.     Tetap Memberikan Jarak

Sediakan ruangan yang cukup agar interviewer dengan peserta interview memiliki jarak yang cukup. Jangan terlalu dekat juga jangan terlalu jauh karena itu akan menyulitkan kedua belah pihak dalam berbicara. Standar jarak pencegahan yang aman adalah sekitar 1,5-2 meter.

2.     Protection Kit

Selain tetap memberik jarak, sediakan pula beberapa protection kit seperti hand sanitizer, atau wastafel untuk cuci tangan sebelum masuk ke ruangan. Ada baiknya anda menganjurkan peserta untuk memakai baju yang berbeda pada saat dalam perjalanan dan memasuki ruang interview. Memakai jaket dapat menjadi opsi agar tidak terlalu memberatkan peserta.

3.     Semprot Disinfektan

Jangan lupa selalu menyemprotkan disinfektan secara berkala dalam ruangan. Anda juga bisa menyemprotkan disinfektan kepada peserta yang baru datang.

4.     Cek Suhu Tubuh

Jangan lupa untuk selalu mengecek suhu tubuh peserta sebelum melakukan interview. Peserta dengan suhu tubuh yang tinggi berarti memiliki kesehatan tubuh yang kurang baik, hal itu dapat meningkatkan resiko bahwa ia terkena covid-19.

5.     Tetap Menggunakan Masker Atau Face Shield

Jangan lupa tetap menggunakan masker dalam proses interview. Apabila  kedua belah pihak mengalami sedikit kesulitan dalam berkomunikasi, salah satu dari mereka dapat membuka masker dengan syarat yang lainnya tetap menggunakan masker. Sediakan juga faceshield untuk perlindungan yang maksimal.

Antibodi yang kuat adalah senjata terampuh dalam menangkal virus, maka dari itu selalu jaga kesehatan dalam beraktifitas. Apabila anda merasa tidak enak badan, ada baiknya meminta orang lain untuk menggantikannya. Anda juga dapat menambahkan anti virus essential oil di dalam ruangan agar kedua belah pihak merasa lebih nyaman, dan terlindungi.

No comments:

Post a Comment